CARA MENYUSUN REKOMENDASI EDS
Untuk
menyusun rekomendasi langkah langkahnya adalah :
- Buka file EDS lihat pada Sheet
     7. Rekapitulasi
 - Cari pada indikator yang yang
     berwarna kuning
 
Contoh : pada 1.1.1.2.0 : Sekolah melaksanakan
pengembangan kurikulum dengan melibatkan unsur guru, konselor, kepala sekolah,
komite sekolah, dan nara sumber, dan pihak-pihak lain yang terkait.
- Copy kan isi dari Indikator kedalam format rekomendasi di kolom Indikator
 
- Pahami bahwa dalam satu
     indikator(I) terdapat banyak pertanyaan(tanya) yang menentukan hasil dari
     indikator (I).
 
- Cari pada baris tanya yang
     berwarna kuning
 
Contoh : Siapa saja yang dilibatkan dalam
pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu?
- Setelah ketemu, cari ke
     instrument di pertanyaan mana yang memunculkan jawaban responden yang
     membuat hasil rekap menjadi kuning
 
Contoh : Lihat pada instrument Kepala Sekolah
- Lihat pada pertanyaannya dan
     hasil jawaban
 
Contoh :
Pada pertanyaan 2. Siapa saja yang dilibatkan dalam pengembangan KTSP di
sekolah Bapak/Ibu?
Dari 6 unsur
yang ada ternyata pada unsur Konselor atau unsur perguruan tinggi belum
di libatkan. (dengan indikator jawaban masih o). Pernyataan ini di
masukan ke dalam kolom IDENTIFIKASI KEKUATAN ATAU KELEMAHAN
- Untuk tahapan pencapain lihat
     pada Kolom Rating di hasil Sheet 7. Rekapitulasi. (untuk yang ini
     saya agak kurang paham teorinya), dibawah SNP angka pencapainya 1
 
- Untuk mengisi kolom REKOMENDASI
     PENINGKATAN / PENGEMBANGAN bisa menggunakan kalimat sendiri atau
     melihat dari kalimat yang ada dalam Manual Mutu Pada SD
 
- Untuk mengisi kolom PROGRAM,
     gunakan daftar PROGRAM SEKOLAH DALAM BOS
 
PROGRAM SEKOLAH DALAM BOS:
1. Pengembangan kompetensi lulusan (bidang akademik
dan non akademik) (SKL)
2. Pengembangan kurikulum/KTSP (SI)
3. Pengembangan pembelajaran (Standar Proses)
4. Pengembangan sistem penilaian (Standar Penilaian)
5. Pengembangan pendidik dan tenaga kependidikan (PTK)
6. Pengembangan sarana dan prasarana sekolah (Standar
Sapras)
7. Pengembangan manajemen sekolah (Standar
Pengelolaan)
8. Pembinaan kesiswaan/ekstrakurikuler (SI, SKL, SP,
Penilaian)
9. Budaya dan lingkungan sekolah (Sarpras)
10. Penanaman karakter (budi pekerti) (SKL, Standar
Proses, SI)
Contoh : Program no 2. Pengembangan kurikulum/KTSP (SI)
- Untuk mengisi kolom KEGIATAN,
     gunakan kalimat yang mengarah pada suatu kegiatan misalnya : Sekolah
     mengadakan workshop penysusunan kurikulum.
 - Hasil sementara
 
- Setelah terisi semua lihat lagi
     pada Sheet 7. Rekapitulasi. Selain kelemahan pada keterlibatan konselor
     ada satu pertanyaan lagi yang bisa kita Identifikasi yaitu pada pertanyaan
     : 1.1.1.2.4 :
Program pengembangan kurikulum sekolah Bapak/Ibu telah melalui mekanisme 
- Cari ke instrument di
     pertanyaan mana yang memunculkan jawaban responden yang membuat hasil
     rekap menjadi kuning (seperti langkah ke 6)
 
Untuk mencari kelemahan pada pertanyaan Program
pengembangan kurikulum sekolah Bapak/Ibu telah melalui mekanisme, Kita
cari kedalam instrument kira kira bagian mana dari jawaban kita yang belum
sesuai dengan standar yang seharunya sehingga membuat hasilnya masih berwarna
kuning. (untuk hal ini tentu kepala sekolah lebih mudah mencarinya)
- Masukan hasil temuan kita di
     kolom IDENTIFIKASI KEKUATAN ATAU KELEMAHAN, ubah menjadi kalimat yang
     sesuai, Contoh : Program pengembangan kurikulum sekolah belum melakukan
     analisis Expert (pertimbangan ahli)
 
Hasilnya.
Sumber: LPMP Jateng
Tidak ada komentar:
Posting Komentar